Wednesday, April 11, 2012

Cara Menjadi Dosen Yang Baik



Cara Menjadi Dosen Yang Baik


Dalam melakukan kegiatan mengajar di kampus, dosen sebagai pembimbing yang berkompeten, dituntut untuk memberikan pengajaran yang berbobot dan berkualitas bagi mahasiswanya. Metode yang digunakannya pun beragam. Ada yang menggunakan metode pengajaran menjurus kepada kedekatannya dengan mahasiswa, adapula yang menggunakan metode dengan mencari suasana baru, seperti belajar di luar kampus. Itu semua dilakukan tentunya untuk menjadi seorang dosen yang baik.

Kedekatan dosen dengan mahasiswa merupakan salah satu hal yang ditempuh untuk memberikan pengajaran yang eksklusif. Di sini, dosen sebagai pembimbing di kelas, harus dapat bersosialisasi dengan mahasiswanya. Apakah itu dalam hal pengajaran yang bersifat komunikatif atau diskusi sebagai pembangun kebersamaan, yaitu: hubungan antara dosen dengan mahasiswa.

Membuat suasana yang menyenangkan di kelas pun baik untuk membuat mahasiswa semangat dalam mengikuti perkuliahan yang diberikan dosen. Selain sosialisasi yang terbangun, ilmu yang disampaikan oleh dosen pun dapat dipahami dengan baik. Komunikasi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa tidak hanya dilakukan di dalam kelas, akan tetapi di luar dianggap perlu untuk memperkokoh nilai kebersamaan di antara mereka.

Penguasaan materi yang dimiliki dosen dalam mengajar merupakan hal yang penting, tetapi kemampuan penyampaian materi adalah yang terpenting. Bisa saja dosen yang sangat berwawasan dan memiliki pengetahuan yang luas di bidangnya, namun tidak bisa menyampaikan ilmunya dengan baik. Ini yang akan menimbulkan sikap acuh tak acuh mahasiswa dalam menanggapi pelajaran yang dipaparkannya.

Banyak dosen yang berpikir untuk membuat suatu metode pengajaran yang lebih efektif pada setiap mahasiswa. Namun, itu dirasa kurang efisien. Muncullah ide untuk membuat metode pengajaran yang berbeda-beda pada setiap kelas. Mereka berpikir metode ini dianggap lebih baik dibandingkan dilakukannya ke perorangan saja. Setiap kelas pastinya memiliki suasana yang berda-beda, tentunya metode ajaran yang diberikan pun harus berbeda-beda pula.

Untuk menjadi dosen yang baik, Anda harus memahami apa yang diperlukan oleh mahasiswa. Banyak mahasiswa yang mengingikan dosen yang menyenangkan dalam arti dapat membuat mereka memahami pengajaran yang diberikan tanpa merasa terpaksa apalagi ketakutan dengan aturan yang diterapkan dosen. Tidak perlu mencari hal besar untuk tahu apa yang diperlukan mahasiswa Anda, akan tetapi hal kecil pun dapat merubah Anda menjadi seorang dosen yang disegani di kelas ataupun di luar kelas.


Ditulis oleh: Green Sand 


No comments:

Post a Comment